Senin, 30 Januari 2012

Fishway... apakah sebuah kebutuhan?

jalur migrasi terhambat bangunan melintang
Suatu makhluk dikatakan hidup jika diantaranya memiliki ciri dapat tumbuh dan berkembangbiak. Untuk menunjang kebutuhannya tersebut, suatu spesies makhluk hidup memerlukan berbagai faktor pendukung mulai dari makanan hingga lingkungan yang sesuai. Sebagai suatu strategi, makhluk hidup ini akan berpindah dari tempat satu ke tempat lainnya untuk memperoleh faktor-faktor tersebut yang kemudian diistilahkan dengan migrasi. Diantara sekian banyak spesies makhluk hidup yang bermigrasi, ikan termasuk salah satu diantaranya.

Ikan tidak dapat berpindah tempat
Dalam suatu sistem sungai, migrasi ikan dapat dilakukan mulai dari hulu ke hilir ataupun sebaliknya dengan tujuan untuk mencari makan hingga tempat memijah. Dalam perjalanannya menuju suatu tempat tertentu, seringkali banyak rintangan yang harus dilalui ikan mulai dari predator hingga berbagai hambatan lainnya yang disebabkan oleh faktor anthropogenik (manusia), salah satu diantaranya adalah berupa bangunan melintang ataupun memanjang.


Penurunan populasi ikan dari tahun ke tahun
Keberadaan bangunan-bangunan seperti halnya bendungan maupun talud, menyebabkan ikan-ikan seolah berada dalam suatu “kurungan besar” pada batas wilayah sungai tertentu. Ketika faktor pendukung yang disebutkan di atas berkurang, habis, ataupun rusak, ikan tidak mendapatkan solusi lain dengan cara berpindah ke tempat lainnya untuk mencari habitat hidup yang lebih layak. Akibatnya populasi ikan-ikan di habitat tersebut lambat laun mengalami penyusutan dari tahun ke tahun yang akhirnya mengantarkan spesiesnya pada kepunahan.

Fishway sebagai solusi

Penerapan teknologi ramah lingkungan yang memperhitungkan keberadaan sumberdaya akuatik termasuk kelestariannya sudah menjadi suatu kebutuhan yang mendesak dan wajib diaplikasikan pada bangunan melintang dan memanjang sungai. Fishway atau tangga ikan merupakan alternatif yang dapat diaplikasikan pada suatu bangunan sungai yang sudah atau baru akan dibuat. Dengan keberadaan bangunan tambahan ini diharapkan siklus  migrasi ikan tidak terputus sehingga ikan dapat terus tumbuh dan berkembangbiak tanpa adanya faktor ancaman tersebut.

[Ruby Vidia Kusumah]

1 komentar:

  1. Sistem pembangunan kita belum sampai mengarah ke sana mas.... so... bagaimana mendialektikakan gagasan kita dengan penentu kebijakan. Itu mungkin akan bermanfaat bagi ikan, jika konstruksi pembangunan Dam atau bendungan mau memperhatikan sistem pembangunan yang integral.

    BalasHapus